Kamis, 03 Mei 2012

TUGAS 4 PENGANGGURAN DAN INFLANSI


PENGANGGURAN DAN INFLANSI

DEFINISI PENGANGGURAN

Pengangguran adalah orang yang masuk dalam angkatan kerja (15 sampai 64 tahun) yang sedang mencari pekerjaan dan belum mendapatkannya.Menjadi seorang pengangguran sangat berpengaruh buruk pada orang yang bersangkutan.

PENGERTIAN PENGANGGURAN

Pengangguran atau tuna karya adalah istilah untuk orang yang tidak bekerja sama sekali, sedang mencari kerja, bekerja kurang dari dua hari selama seminggu, atau seseorang yang sedang berusaha mendapatkan pekerjaan yang layak. Pengangguran umumnya disebabkan karena jumlah angkatan kerja atau para pencari kerja tidak sebanding dengan jumlah lapangan kerja yang ada yang mampu menyerapnya. Pengangguran seringkali menjadi masalah dalam perekonomian karena dengan adanya pengangguran, produktivitas dan pendapatan masyarakat akan berkurang sehingga dapat menyebabkan timbulnya kemiskinan dan masalah-masalah sosial lainnya.

DEFINISI INFLANSI

Inflasi dapat diartikan sebagai kecenderungan kenaikan harga barang dan jasa secara umum yang berlangsung secara terus-menerus akibat tidak seimbangnya arus barang dan arus uang.

PENGERTIAN INFLANSI

Inflasi adalah suatu proses meningkatnya harga-harga secara umum dan terus-menerus (kontinu) berkaitan dengan mekanisme pasar yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain, konsumsi masyarakat yang meningkat, berlebihnya likuiditas di pasar yang memicu konsumsi atau bahkan spekulasi, sampai termasuk juga akibat adanya ketidaklancaran distribusi barang.Inflasi juga merupakan proses menurunnya nilai mata uang secara kontinu. Inflasi adalah proses dari suatu peristiwa, bukan tinggi-rendahnya tingkat harga. Artinya, tingkat harga yang dianggap tinggi belum tentu menunjukan inflasi. Inflasi adalah indikator untuk melihat tingkat perubahan, dan dianggap terjadi jika proses kenaikan harga berlangsung secara terus-menerus dan saling pengaruh-memengaruhi.
KETERKAITAN ANTARA PENGANGGURAN DAN INFLANSI
Hubungan antara Pengangguran dan Inflasi ini sangat berpengaruh pada perekonomian di Indonesia.Ini mengakibatkan ketidak seimbangan di antara keduanya.Banyaknya pengangguran ini di karena kan lapangan kerja yang sedikit dan inflasi pun semakin meningkat.Pemerintah harus bisa menyeimbangkan keduanya agar perekonomian Indonesia semakin membaik dan tidak merugikan masyarakat.

SUMBER :
http://genius.smpn1-mgl.sch.id/file.php/1/ANIMASI/ekonomi%20dan%20Sosial/INFLASI/materi01.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Inflasi

0 komentar:

Posting Komentar